Pentingnya Idealisme Politik Bersih Mahasiswa

Posted: Juli 13, 2011 in essai
Tag:

Aristoteles menyatakan bahwa manusia adalah zoon politicon yang artinya pada dasarnya manusia adalah makhluk yang ingin selalu bergaul dengan berkumpul dengan manusia, dari sifat suka bergaul dan bermasyarakat ini manusia dikenal sebagai makhluk sosial. Dari hal ini dapat dilihat bahwa hakikat kehidupan sosial adalah politik dan interaksi antara dua orang atau lebih sudah pasti akan melibatkan hubungan politik. Jadi sebenarnya kehidupan manusia tidak terlepas dari politik, baik itu politik praktis sampai politik pragmatis.

Politik praktis maksudnya adalah politik merupakan upaya atau cara untuk memperoleh sesuatu yang dikehendaki, hal ini hampir tiap hari ada dalam kehidupan manusia. Politik pragmatis maksudnya adalah politik yang hanya mementingkan diri sendiri dan hanya mencari keuntungan saja dimana politik ini hanya berputar antara uang dan kekuasaan sehingga dapat merugikan orang lain.

Akibat Politik Pragmatis

Politik pragmatis ini dapat ditemui dikehidupan sehari-hari dimulai dari kampus, dunia kerja, hingga kehidupan bernegara. Saat ini yang sangat dikhawatirkan adalah semakin kuatnya potitik pragmatis dimana politik hanya digunakan untuk mencari kekuasaan maupun uang dan ini sangat tidak baik dalam kehidupan perpolitikan maupun kehidupan berbangsa.

Dunia politik sangat berdampak luas dalam kehidupan manusia karena politik tidak hanya monopoli orang-orang politik saja namun hampir segala aspek dinegara ini dipengaruhi oleh politik mulai dari dunia hukum, ekonomi, sosial, budaya, dan dunia lainnya. Dapat dilihat bahwa banyak masalah-masalah hukum yang terhenti karena derasnya kepentingan dunia politik sehingga banyak kasus dalam dunia hukum tidak selesai seperti kasus Bank Century, kasus korupsi yang menyangkut tokoh-tokoh besar maupun partai politik. Kebijakan-kebijakan ekonomi yang ada juga dapat dilihat banyak dipengaruhi kepentingan-kepentingan politik pihak-pihak tertentu sehingga terkadang kebijakan tersebut merugikan rakyat kecil.

Banyaknya kepentingan politik ini yang berpengaruh terhadap kebijakan yang ada dapat merugikan masyarakat apabila kebijakan ini membawa dampak yang buruk bagi masyarakat. Namun akan menguntungkan jika kebijakan ini membawa kebaikan bagi masyarakat.

Peran Mahasiswa

Peranan mahasiswa dalam melihat dunia politik sangatlah diperlukan, mengingat fungsi mahasiswa sendiri sebagai agent of change atau agen perubahan sehingga mahasiswa haruslah peka terhadap dunia perpolitikan yang ada. Mahasiswa harus mulai mempelajari dunia politik walaupun hanya dasar-dasarnya saja karena mahasiswa harus memperhatikan kehidupan bernegara sekarang ini.

Mahasiswa harus mempunyai rasa idealisme yang tinggi sehingga tidak mudah diombang ambingkan dengan dunia perpolitikan yang ada. Maksud dari rasa idealis ini adalah mahasiswa harus berani menentukan jalan politik yang dia ambil, dimana setelah mempunyai pegangan mahasiswa harus tetap konsisten dengan jalan yang telah dipilihnya.

Setiap mahasiswa harus mempunyai pendirian bahwa politik bukanlah jalan untuk mencapai kekuasaan maupun uang saja. Namun, dengan terjun dalam dunia politik ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh mahasiswa yang mempunyai dampak maupun manfaat yang luas bagi orang lain. Dapat diambil contoh mulai dari dunia kampus sampai kehidupan bernegara. Dimulai dari dunia kampus tidak dapat dipungkiri bahwa sudah banyak kepentingan politik kelompok-kelompok tertentu dalam memperebutkan kekuasaan dimulai dari pemilihan Dekan, pemilihan ketua senat, sampai pemiliha n ketua Badan Eksekutif Mahasiswa. Hal yang menjadi kacau adalah apabila kekuasaan digunakan untuk kepentingan kelompok saja, dalam hal ini peran mahasiswa dapat menjadi penggerak dengan menyadarkan bahwa kekuasaan dapat digunakan untuk mensejahterakan civitas kampus dengan keputusan-keputusan yang baik.

Dalam dunia bernegara pun dapat dilihat bahwa kepentingan politik sangat berpengaruh sehingga banyak kebijakan-kebijakan yang ada justru merugikan rakyat karena mementingkan kepentingan pribadi maupun kelompok. Salah satu buktinya adalah fungsi Dewan Perwakilan Rakyat saat ini yang mengatakan adalah wakil rakyat namun dalam kenyataan mereka lebih mementingkan kepentingan politik yang ada daripada tugas awalnya sebagai wakil rakyat yang harusnya menyuarakan kepentingan dari rakyat itu sendiri.

Pentingnya Kesadaran Mahasiswa

Mahasiswa yang sadar dengan banyaknya politik pragmatis yang berkembang saat ini adalah mengamati, mempelajari, maupun bertindak dengan berbagai cara seperti melakukan aksi turun kejalan, turun langsung kedalam dunia perpolitikan yang ada. Untuk memperbaiki dunia politk yang kacau kita dapat juga turut serta terjun kedalam untuk memperbakinya dari dalam.

Untuk itulah mahasiswa harus sadar dengan dengan dunia perpolitikan yang ada dan harus punya idealisme yang tinggi dengan menyadari bahwa politik digunakan untuk kebaikan khalayak ramai. Janganlah langsung tergiur dengan tawaran kekuasaan maupun uang karena dua hal ini merupakan sesuatu yang semu dan tidak akan berlangsung selamanya.

Politik bukanlah ajang untuk jual beli demi kepentingan pribadi maupun kelompok tertentu, tetapi politik dimanfaatkan untuk kepentingan orang banyak. Untuk itulah idealisme mahasiswa sangat diperlukan agar tidak tergiur dengan iming-iming kekuasaan maupun uang. Idealisme ini harus menekankan bahwa politik haruslah bersih dengan tidak main sikut sana sini untuk mendapatkan kekuasaan. Hal ini tentu saja akan sulit seiring dengan makin maraknya politik pragmatis yang ada, namun oleh karena itulah idealisme politik bersih mahasiswa diperlukan dalam hal ini agar politik bersih yang dapat mensejahterakan banyak orang dapat tercapai.

Setiap orang tua menginginkan anaknya bisa melebihi orang tuanya namun bukan dari segi harta maupun tahta tetapi dari segi kemanfaatan bagi orang lain. Idealisme mahasiswa ini diperlukan agar dapar menjadikan mahasiswa yang ideal dimana tidak hanya belajar untuk kepentingan diri sendiri tetapi juga bermanfaat bagi orang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s