Pengertian Lingkungan Hidup

Posted: Januari 31, 2011 in kuliah
Tag:,

Pengertian Lingkungan Hidup

oleh Fuad Fahmi

 

Definisi Lingkungan Hidup

Seorang ilmuwan abad XX yaitu Einstain mengemukakan bahwa lingkungan (environment) adalah semua hal di sekitar kita kecuali diri kita sendiri.

Lingkungan yang dimaksud adalah suatu lingkungan dari perspektif ekologi yang berarti semua isi alam dunia ini, dimana manusia bisa menjalani kehidupannya. Konsep ini lebih mengedepankan manusia sebagai unsur utama di dalam lingkungan.

 

Menurut UU PPLH

Menurut UU No. 32/2009 (UU PPLH) Bab I tentang Ketentuan Umum, Pasal 1 angka 1 adalah Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan  semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang  mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan  perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Secara etimologi/harfiah lingkungan berarti keadaan sekitar atau kondisi sekitar. Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh diatas tanah maupun didalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut.

Lingkungan hidup dapat didefinisikan sebagai:

  1. Daerah di mana sesuatu mahluk hidup berada.
  2. Keadaan/kondisi yang melingkupi suatu makhluk hidup.
  3. Keseluruhan keadaan yang meliputi suatu makhluk hidup atau sekumpulan makhluk hidup, terutama:
    1. Kombinasi dari berbagai kondisi fisik di luar makhluk hidup yang mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan kemampuan makhluk hidup untuk bertahan hidup.
    2. Gabungan dari kondisi sosial dan budaya yang berpengaruh pada keadaan suatu individu makhluk hidup atau suatu perkumpulan/ komunitas makhluk hidup.

 

3 unsur dasar lingkungan hidup :

  • wadah (the contour);
  • isi (the content);
  • tata laku (the conduct).

Antara ketiganya selalu dalam satu perwujudan dan perikehidupan yang serba terhubung yang laras, berimbang, lengkap, dan bulat. Perubahan salah satu unsur dasar tersebut, maka akan timbul kelainan yang dapat menjadi gangguan, dan mungkin menjadi ancaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s